Senin, 26 September 2011

more about masyarakat madani


Center For Moderate Muslim Indonesia

Wujudkan Perdamaian Lewat Pendidikan

01-July-2010
YOGYAKARTA—Sebanyak 100 tokoh berbagai agama dan aktivis perdamaian di seluruh dunia hadir dalam World Peace Forum (WPF) III di Yogyakarta. Acara yang berlangsung dari 30 Juni hingga 2 Juli ini membahas perdamaian melalui tema ‘Mainstreaming Peace Education, Developing Strategic Policy, and Networking’.

Jibriel Dijatuhi Hukuman 5 Tahun

01-July-2010
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara bagi Muhammad Jibriel Abdur Rahman alias Muhamad Ricky Ardhan. Putusan itu dibacakan majelis hakim yang diketuai Haryono dalam sidang, Selasa (29/6) di PN Jakarta Selatan.
Majelis hakim menilai, Jibriel terbukti dengan sengaja memberikan bantuan atau kemudahan untuk pelaku terorisme serta menggunakan paspor palsu. Jibril terbukti menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme. Rekan-rekan Jibriel yang hadir memenuhi ruang sidang itu dan meneriakkan takbir. Mereka bahkan mengeluarkan caci maki terhadap majelis hakim dan jaksa begitu mendengar putusan hakim.

Bentuk-Bentuk Jihad dan Padanannya

01-July-2010
Buletin No. 290
“Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim,” (QS al-Baqarah [2]: 193).
Banyak orang terhenyak ketika Imam Samudra alias Abdul Aziz, tersangka utama Bom Bali (telah dieksekusi dengan cara ditembak pada tanggal 11 November 2008 di Bukit Nirbaya, Nusakambangan-red) mengeluarkan pernyataan mencengankan di hadapan wartawan. “Ini adalah perjuangan suci (jihad), bukan perjuangan hina. Insya Allah, Allahu Akbar!”.

Bentuk-Bentuk Jihad dan Padanannya

05-February-2010
Buletin No. 290
“Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim,” (QS al-Baqarah [2]: 193).
 

Terorisme, Penanganan Setengah Hati

30-June-2010
Oleh Abd A’la
Guru Besar Sejarah Pemikiran Islam, dan Pembantu Rektor Bidang Akademik IAIN Sunan Ampel, Surabaya
Tahun ini, melanjutkan keberhasilan tahun sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri berhasil meringkus hidup-hidup atau menembak mati beberapa gembong teroris kelas kakap.
Detasemen Khusus (Densus) juga berhasil menguak jaringan dan aksi teror mereka di berbagai tempat. Rabu (23/6), Densus berhasil menembak mati tersangka teroris dan melukai beberapa lainnya di Klaten. Sejak minggu pertama Maret hingga pertengahan Mei 2010, Densus menembak dan menangkap sejumlah teroris di berbagai tempat: Aceh Besar, Pamulang (Banten), Cikampek (Jawa Barat), Cawang (Jakarta Timur), dan Sukoharjo (Solo).

Menangani Terorisme Secara Sistemis

28-June-2010
Oleh Husein Ja’far Al Hadar
(Direktur Lembaga Study of Philosophy Jakarta)
Mungkin, eksistensi terorisme di Indonesia memang benar-benar telah rapuh, sebagaimana diyakini oleh pihak kepolisian. Pasalnya, baru beberapa waktu lalu Densus 88 berhasil membunuh dan menangkap gerombolan teroris, kini kawanan teroris kembali tertangkap di kawasan Klaten, Jawa Tengah.
Asumsi telah rapuhnya terorisme di Indonesia minimal terbentuk atas beberapa pertimbangan dasar. Pertama, telah dieksekusi mati atau terbunuhnya para pimpinan teroris, khususnya gembong teroris Noordin M Top. Sehingga, koordinasi terorisme di Indonesia dinilai telah lemah tanpa keberadaan para pemimpin kawakan mereka yang memang memiliki kemampuan jebolan Afghanistan. Kedua, mudahnya gerombolan teroris yang kian ada dan tersisa di Indonesia untuk ditangkap dan dilumpuhkan. Hal itu dinilai dangkal dan lemahnya strategi gerakan terorisme yang masih bersarang di Indonesia.

Menghindarkan Masyarakat dari Saling Caci

01-July-2010
Sejatinya semua agama selalu mengajarkan harmoni. Begitu Islam juga mengajarkan harmoni dan kasih sayang. Tetapi kenyataannya agama sering menjadi sumber konflik yang tak ada habis-habisnya. Padahal, selama berabad-abad agama-agama besar telah mengajarkan persatuan umat manusia.

Bernilai Positif dan Menumbuhkan Sikap Toleransi

20-March-2010
Beribadah Haji dan Umrah yang Berkualitas
Selain ibadah haji, gairah kaum Muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah (haji kecil) dari tahun ke tahun terus meningkat. Terbukti, jumlah jamaah haji dan umrah Indonesia menempati angka tertinggi dibanding negara-negara lain. Yang harus diperhatikan adalah kualitas ibadah jamaah selama di Tanah Suci. Dan inilah yang bisa dijadikan tolok ukur kemabruran ibadah seseorang.
Dewan Penyantun:
Prof Dr A Syafii Maarif
KH Hasyim Muzadi
KH Ir Shalahuddin Wahid
Prof Dr Cecep Syarifuddin
Dewan Pendiri:
KH Dr Tarmizi Taher
KH Nuril Huda
Board of Director CMM:
KH Dr dr Tarmizi Taher
(Ketua/Indonesia)
KH Nuril Huda
(Wakil Ketua/Indonesia)
Prof Dr Azyumardi Azra
(Anggota/Indonesia)
KH At-Tabik Ali
(Anggota/Indonesia)
Dr Zaenah Anwar
(Anggota/Malaysia)
Muhammad Zakaria
(Anggota/Singapura)
Abdul Qayum Yusuf, M.D
(Anggota/Kamboja)
Prof Thaha Basman
(Anggota/Philipina)
H. Abdul Ghani
(Anggota/Malaysia)
Muhammad An-Nakhai
(Anggota/Malaysia)
Prof Dr Alwi Shihab
(Anggota/Indonesia)
Dr Candra Muzaffar
(Anggota/Malaysia)
Board of Executive Executive:
Director:
M Hilaly Basya
Chief of Program:
David Krisna Alka
Staff of Program:
Syamsuddin
Office Manager:
Muchsin
Secretary:
Eva Fadhila
Associate Researcher :
Andriansyah
Dalmeri
Ismetillah
Ai Fatimah NF
Pradana Boy ZTF
Zuly Qodir
Nunik Nurjanah
Eka Ariani
Happy Susanto
Aprian
Imam Cahyono
AF. Fanani
Sindikasi Media:
Direktur Pemberitaan CMM:
Rahimi Sabirin

Redaktur Pelaksana:
Samsul Muarif

Staff Redaksi:
Ian Suherlan
Deny Suito
Hery Sucipto
Firman Syah

koran rakyat merdeka
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar